Rekomendasi Lagu Daerah Terbaik dan Populer

Diposting pada

Rekomendasi Lagu Daerah berikut ini bisa jadi referensi bagi kalian yang ingin lebih mengenal lagu lagu dari berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Selain itu lagi lagu daerah memang seringkali di nyanyikan oleh masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Lagu daerah termasuk salah satu peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia yang berharga.

Ini juga menjadi tanggung jawab kamu sebagai generasi selanjutnya untuk melestarikan hasil budaya daerah, termasuk lagu daerah. Total lagu daerah di Indonesia kurang lebih ada 439 dengan menggunakan bahasa daerah masing-masing.

Rekomendasi Lagu Daerah Terbaik dan Populer

Masyarakat Indonesia umumnya kebanyakan mempelajari lagu daerah dan kesenian tradisional saat mengenyam bangku sekolah.

Di bawah ini sudah ada beberapa lagu daerah yang harus kamu ketahui, antara lain:

  1. Sajojo (Papua)

“Sajojo” merupakan salah satu lagu daerah populer yang asalnya dari provinsi Papua. Ini termasuk lagu yang bercerita tentang seorang perempuan desa cantik. Ia di cintai oleh kedua orang tuanya dan laki-laki banyak mendambakannya.

Umumnya, masyarakat Papua akan menyanyikan lagu ini sambil menari dengan penuh ceria. Gerakan tari ini sangat mudah, ada loncatan, bergerak ke depan, belakang, ke kiri, ke kanan, dengan menggunakan ritme yang kompak bersama penari lainnya.

  1. Apuse (Papua)

Apuse adalah lagu daerah asal Papua mengenai seorang cucu yang ingin berpamitan kepada kakek dan neneknya. Di karenakan ia akan merantau ke Teluk Doreri, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Lirik “apuse kokon dao yarabe soren doreri” menyatakan sebuah momen saat pemuda tersebut berpamitan dengan kakek neneknya. Sedangkan,  “Wuf lenso bani nema baki pase” berarti pegang sapu tangan dan melambaikan tangan.

Sampai kemudian kakek dan neneknya menjawab “Arafabye aswarakwar” artinya “kasihan aku, selamat jalan cucuku”. Ternyata makna dari lirik lagu ini cukup familiar di telinga.

BACA  Rekomendasi Jam Tangan Wanita Murah
  1. Yamko Rambe Yamko (Papua)

Meski mempunyai irama yang bahagia dan energik, lagu “Yamko Rambe Yamko” telah menceritakan tentang daerah daerah di Papua yang mengalami perang suku. Meskipun begitu, asal usul lagu ini masih di perdebatkan.

Sebagian besar orang asal Papua, Arie Kriting salah satunya, menyatakan bahwa lagu ini bukan berasal dari salah satu bahasa Papua. Akan tetapi, menurut musisi senior, Yan Petrus Tagai, “Yamko Rambe Yamko” berasal dari Lembah Grime, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Ia juga telah menyatakan jika “Yamko Rambe Yamko” yaitu lagu pengiring permainan sakral bernama “Kasep”. Terlepas dari perdebatan di masyarakat, The Resonanz Children’s Choir pada tahun 2017 telah berhasil membawakan lagu ini. Bahkan, sudah memenangkan juara umum dalam kompetisi paduan suara di Roma.

  1. Anak Kambing Saya (Nusa Tenggara Timur)

‘Anak Kambing Saya’ termasuk lagu daerah yang populer di kalangan anak-anak. Liriknya yang irama dan sederhananya begitu cerah membuat lagu ini menjadi pengubah mood menjadi cerah.

Apabila liriknya merujuk pada seseorang yang mencari kambing peliharaannya, ternyata makna sebetulnya justru bercerita hubungan orang tua maupun anak. Orang tua ini bernyanyi melalui dan bertanya “di manakah jantung hati saya?”, yaitu anaknya itu sendiri.

Setelah itu, bait lirik selanjutnya menjawab keberadaan anaknya itu. “Caca marica ada di Kampung Baru”. Hal ini berarti anaknya itu sudah ada di Kampung Baru.

Itu saja beberapa Rekomendasi Lagu Daerah yang tersebar di seluruh daerah Indonesia. Bagi kamu yang ingin menambah pengetahuan, ambil kelas yang di perlukan sekarang juga dengan menggunakan voucher belajar dari Tokopedia.