Apa yang Dimaksud dengan Gameplay?

Apa yang Dimaksud dengan Gameplay?

Diposting pada

Ketika berbicara mengenai game, pasti akan mendengar istilah gameplay. Lalu apa yang dimaksud dengan gameplay?

Ketika membeli sebuah game, pastikan Anda mengetahui gameplaynya terlebih dahulu. Dengan begitu, bisa mengetahui bagaimana cara memainkan game tersebut nantinya.

Gameplay yang seru akan membuat sebuah game layak untuk dimainkan.

Agar lebih paham, yuk pelajari selengkapnya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Gameplay?

Pada dasarnya, gameplay itu sebenarnya seperti cara main dari game itu sendiri. Ini berkaitan dengan bagaimana kita sebagai pemain berinteraksi dengan game. 

Mulai dari aturan-aturan di dalam game, alur cerita, cara kita mengendalikan karakter, hingga tantangan-tantangan yang harus dihadapin.

Jadi, gameplay itu intinya semua aksi dan keputusan yang kita lakukan selama bermain game.

Kualitas dari gameplay ini yang bisa nentuin seberapa seru dan asik dari sebuah game ketika dimainkan. Semakin bagus desainnya, semakin bikin kita kecanduan buat main terus menerus.

Saat ini, game-game terbaru yang rilis menawarkan gameplay yang luar biasa dengan grafis yang memukau. Pemain dipastikan tidak akan merasa bosan hingga game selesia dimainkan.

Genre Game

Apa yang Dimaksud dengan Genre Game?

Genre game adalah kategori  yang mengelompokkan permainan berdasarkan karakteristik tertentu yang dimiliki oleh sebuah game.

Setiap genre memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakannya dari genre lainnya, baik dari segi mekanika permainan, alur cerita, setting, atau tujuan permainan.

Berikut ini beberapa contoh dari genre game yang populer saat ini:

1. Game Aksi (Action)

  • Genre ini fokus pada kecepatan, refleks, dan keterampilan tangan.
  • Contohnya seperti game tembak-menembak berjudul “Call of Duty”, kemudian permainan aksi petualangan seperti “Assassin’s Creed” dan masih banyak judul game lainnya.
BACA  Dimana Situs Download Game PC Gratis dan Aman?

2. Game Role-Playing (RPG)

  • RPG memungkinkan pemain mengendalikan karakter yang dapat meningkat kemampuannya seiring berjalannya waktu.
  • Ada dua tipe utama: RPG berbasis naratif seperti “Final Fantasy” yang memiliki alur cerita menarik, dan RPG berbasis karakter seperti “The Elder Scrolls V: Skyrim” yang memberikan kebebasan dalam bermain.

3. Game Strategi (Strategy)

  • Untuk genre game yang satu ini membutuhkan strategi khusus untuk menyelesaikan sebuah misi.
  • Game strategi waktu nyata (RTS) seperti “StarCraft” memerlukan kemampuan membangun strategi perang yang baik.

4. Game Simulasi (Simulation)

  • Simulasi mencakup berbagai tema seperti kehidupan sehari-hari.
  • Misalnya seperti game simulasi penerbangan berjudul “Microsoft Flight Simulator,” atau simulasi membangun kota seperti “SimCity.”
  • Game-game ini memberikan pemain kesempatan untuk merasakan pengalaman yang mendekati kehidupan nyata.

5. Game Puzzle

  • Game puzzle menuntut pemikiran logis dan solusi kreatif.
  • Contohnya termasuk “Tetris,” “Portal,” atau “Candy Crush.”
  • Setiap game memiliki tantangan unik yang harus diselesaikan oleh pemain.

6. Game Olahraga (Sports)

  • Pada dasarnya, game ini mensimulasikan olahraga ke dalam sebuah game.
  • Contohnya seperti game “FIFA” untuk sepak bola, “NBA 2K” yang merupakan game bertema basket dan masih banyak judul game lainnya.

Sebenarnya masih banyak genre game yang ada saat ini dengan gameplay yang berbeda-beda. Beberapa genre di atas merupakan yang paling banyak dimainkan oleh para penggemar game.

DreadOut

Apa Saja Game yang Berasal dari Indonesia?

Industri game Indonesia semakin berkembang dan berhasil merilis berbagai macam game dengan genre yang bermacam-macam. Berikut adalah beberapa game asli Indonesia yang menarik perhatian dunia:

1. DreadOut

DreadOut, dikembangkan oleh Digital Happiness, adalah game horor yang mengajak pemain untuk menjelajahi dunia supranatural. Dengan cerita yang menegangkan dan mencekam, DreadOut berhasil menjadi salah satu game horor terbaik saat ini.

BACA  Siapa Anak EVOS yang Ikut SEA Games? Ini Daftarnya!

2. Bus Simulator Indonesia

Game simulasi dari Maleo, Bus Simulator Indonesia, memberikan pengalaman unik kepada pemain untuk menjadi sopir bus di Indonesia. Dengan grafis yang realistis dan rute perjalanan yang mendetail, game ini berhasil menjadi favorit bagi penggemar game simulasi.

3. Rising Hell

Tahoe Games berhasil menciptakan sebuah game bernama Rising Hell, game roguelike yang memadukan aksi cepat dengan desain visual yang menawan. Pemain akan menghadapi tantangan tingkat demi tingkat sambil melawan bos-bos yang sulit untuk dikalahkan.

4. Coffee Talk

Toge Productions menghadirkan Coffee Talk, game simulasi yang mengambil setting di kedai kopi. Dengan fokus pada percakapan antara karakter-karakte, game ini cocok untuk yang ingin seru-seruan namun tetap santai.

5. Ghost Parade

Ghost Parade dari Lentera Nusantara Studio merupakan game petualangan dengan elemen puzzle yang menarik. Dengan karakter-karakter yang ada dalam mitologi Indonesia, Ghost Parade mampu memperkenalkan budaya kepada para pemainnya.

Kesimpulan

Dengan memahami makna dari sebuah gameplay, ini akan membantu Anda menemukan game yang cocok untuk dimainkan.

Karena pada dasarnya, letak keseruan ketika bermain game adalah dari jalannya game itu sendiri. Jika gameplaynya membosankan tentu akan membuat game kurang menarik.